TIPS Membeli Mobil Bekas, agar tidak salah pilih gunakan 10 cara Ini

Membeli mobil bekas adalah salah satu cara terbaik untuk menghemat budged pengeluaran anda. Akan tetapi jika kita salah pilih mobil, bukannya untung malah bisa menambah pengeluaran untuk biaya perbaikan dan lain-lain.

Mendapatkan Saran dan tips dari ahlinya mungkin sangat diperlukan dalam memutuskan untuk membeli mobil bekas. Untuk itu kami mengumpulkan 10 Tips Membeli mobil bekas ini untuk membantu anda dalam menentukan mobil pilihan.

Tips penting memilih mobil bekas

Tips penting memilih mobil bekas

Berikut ini 10 Tips Penting yang bisa anda lakukan saat akan membeli mobil Bekas.

  • Jenis mobil – Tentukan terlebih dahulu jenis mobil apa yang akan anda beli sesuai dengan kebutuhan pemakaian. Contohnya, Jika untuk berniaga mungkin jenis mobil van akan lebih cocok dibandingkan dengan sedan. Karena secara kapasitas angkut dan ruang penumpang pastinya akan berbeda.
  • Budged – persiapkan berapa besaran budged yang akan anda pakai untuk memilih mobil bekas. Hal ini akan lebih memudahkan dalam memilih mobil sesuai dana yang anda persiapkan. Saat ini sudah banyak situs jual beli online yang memberikan pilihan sorting sesuai dengan budged maksimal anda.
  • Pilihan – carilah pilihan mobil sebanyak mungkin terlebih dahulu sebelum membayarnya. Saat ini media online cukup memudahkan pencarian hal seperti ini. Anda bisa membandingkan terlebih dahulu mobil yang anda sukai dari segi harga, fisik kendaraan, kelengkapan melalui keterangan yang anda dapatkan sebelum anda yakin akan mulai menawara mobil yang paling anda sukai.
  • kilometer pemakaian. Meskipun hal ini bisa dimainkan, tapi setidaknya kilometer mobil yang lebih rendah menunjukkan seberapa sering mobil itu digunakan. Semakin sering dipakai tentunya kualitas mesin dan onderdil semakin menurun. Apalagi jika membeli mobil bekas dengan jam pemakaian yang tinggi sepeeri mobil bekas taksi, atau mobil bekas perusahaan. Anda harus lebih ekstra teliti dalam melihat kondisi mobil tersebut.
  • Periksa fisik kendaraan – cek keseluruhan bodi, kondisi cat dan apakah ada bodi yang keropos, terutama di bagian bawah lantai yang cenderung mengalai keropos. Sebisa mungkin pilihlah kendaraan dengan kondisi fisik yang cukup bagus. Karena biaya perbaikan bodi tidaklah sedikit dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Baca Juga : All New Suzuki Jimny 2019 : spesifikasi dan harga terungkap


  • Kondisi mesin, saya sarankan untuk mengajak orang yang paham akan mesin. Jikapun tidak, coba anda cek di bagian mesin apakah ada oli rembes diantara sela2 mesin. Usahakan tidak ada bekas bekas oli yang tercecer. Cobalah Nyalakan mesin dan gas , perhatikan apakah ada asap yang keluar dari knalpot atau ada suara suara yang tidak normal. Tetapi hal ini Akan agak susah jika mobil yang akan anda beli berbahan bakar solar karena suara dan asap tidak bisa jadi patokan.
  • Kelistrikan – Cek panel-panel kelistrikan seperti lampu, klakson, sein dll. Pastikan semua dalam kondisi normal. Cek juga umur aki kendaraan.
  • Periksa bagian Kaki-kaki, cobalah kendarai mobil yang akan anda beli, apakah steer masih normal atau membanting kiri kanan. Juga perhatikan suara di bagian kaki kaki apakah ada suara aneh yang terdengar. Pastikan semua dalam kondisi normal. Cek juga kondisi ketebalan ban. Karena harga ban cukup lumayan mahal.
  • Dokumen , Jika secara keseluruhan hal-hal diatas anda sudah merasa cocok, lanjut ke urusan dokumen kendaraan. Apakah kelengkapan stnk dan bpkb ada, apakah kondisi pajak tertib dibayarkan. Juga pastikan antara surat dan cek fisik kendaraan sesuai. Biasanya saya akan minta bantuan penjual untuk menyiapkan cek fisik resmi dari Samsat. Hal ini lebih memudahkan untuk memastikan keaslian surat surat kendaraan.

Tips membeli mobil bekas

  • Pembayaran, saat melakukan transaksi akhir, Cobalah nego lagi harga awal yang anda akan bayar, perhitungkan apakah ada kemungkinan biaya servis yang mesti anda keluarkan untuk mobil yang anda beli . Carilah tempat yang nyaman untuk bertransaksi. Usahakan di rumah penjual dan buatlah surat perjanjian jual beli secara resmi. Hal ini untuk menghindari dan memudahkan jika ada permasalahan di belakang hari. Tanyakan juga apakah penjual mau memberikan garansi jika terjadi sesuatu dari kendaraan yang anda beli dalam waktu tertentu.

Demikian 10 tips untuk membeli mobil bekas . Semoga bisa membantu saat akan menentukan mobil yang akan anda beli .

(SC)

805 total views, 1 views today

Leave a Reply