2 hal penyebab dan solusi Mengatasi permasalahan Suzuki Hayate susah hidup

Pagi ini sedikit dibikin kesal karena motor Suzuki Hayate yang baru dibeli susah sekali dihidupkan. Padahal kondisi harus buru buru berangkat karena sudah telat.

Saya coba Cek posisi tangki bensin , ternyata masih aman. Lalu coba langkah kedua menggunakan starter kick masih tetap susah untuk dihidupkan. Solusi Akhir, pinjam aki motor satunya. Dan syukurnya bisa hidup lalu lanjut berangkat kerja.

Supaya tidak terulang kejadian yang sama, siangnya motor bawa ke bengkel aki. Saya minta dibantu cek apakah dari pengisian atau kualitas akinya yang sudah tua.

Mungkin karena memang jual aki, maka disarankan ganti accu baru. Okelah..melihat kondisi aki memang terlihat sudah berumur juga. Dan Berharap ini juga solusi dari permasalahan sebelumnya.

Besok paginya ternyata masih juga mengalami kasus yang sama. Motor susah distarter. Tapi mungkin karena kondisi aki baru..dengan sedikit agak susah akhirnya bisa dinyalakan.

Siangnya saya bawa ke bengkel resmu Suzuki terdekat. Cuman masih kurang beruntung karena kondisi bengkel sedang banyak kerjaan. Saya lalu coba ngobrol dengan mekanik mengenai permasalahn motor saya.

Menurut mekaniknya, ada dua hal yang memungkinkan menjadi penyebab Kejadian Suzuki Hayate susah dihidupkan ini :

  • Karburator Vakum Bermasalah – ciri khas dari matic suzuki seperti skydrive, dan hayate adalah penggunaan karburator vakum. Masalah sulit dinyalakan pada metic Hayate biasanya karena kondisi membran karet vakum mengalami kerusakan, bisa sobek atau karena penurunan kualitas karena faktor umur pemakaian. Jika membran vakum rusak mengakibatkan bensin tidak bisa turun ke karburator dan menjadi susah dihidupkan.
  • Kondisi karet intake Manipol karbu tidak normal – kembali karena faktor umur dan pemakaian, karet intake manipol yang rusak akan mengganggu semprotan udara ke karburator menjadi tidak normal dan membuat mesin bisa jadi tidak bs dihidukan.

Solusi terbaik dari dua permasalahan di atas adalah dengan mengganti kedua part tersebut jika memang kondisinya sudah rusak.

Akan lebih baik diganti daripada mengganggu kenyamanan anda saat akan beraktifitas. Lakukab pengecekan rutin dan carilah bengkel yang paham mengenai pemasangan vakum karbu supaya bisa menghindari kerusakan saat pemasangan atau perawatan

Semoga tips dan solusi ini bisa membantu permasalahan sobat sekalian.

(Satucara)

1,249 total views, 3 views today

Leave a Reply