Tips mengatasi kondisi overheat pada mobil tua dan solusinya

Overheat pada mobil tua pasti ada kemungkinan terjadi. Jangan panik saat kondisi ini terjadi pada mobil Anda, tetap tenang dan lakukan langkah-langkah untuk mengatasi permasalahan Overheat pada mobil anda sesuai petunjuk berikut ini.

Langkah awal menghadapi overheat mobil di tengah perjalanan

  • Segera menepi jika indikator penunjuk temperatur sudah mulai melebihi batas normal. Matikan ac agar beban mesin sedikit berkurang. Carilah lokasi yang nyaman, tidak panas dan tidak mengganggu lalu lintas sehingga memudahkan anda untuk melakukan pengecekan.
  • Matikan mesin dan buka kap mesin anda untuk menurunkan temperatur mesin, TAPI INGAT !! Jangan langsung membuka tutup radiator saat kondisi masih panas. Bahaya Semprotan uap air panas dari dalam radiator bisa saja menyemprot wajah anda.
  • Jika mobil anda sudah menggunakan electric Fan, anda bisa menetralkan gigi mobil dan mematikan mesin, nyalakan kontak agar ekstra fan menyala. Ini bisa membantu mempercepat penurunan suhu mesin anda.
  • Jika suhu Radiator sudah mulai dingin. Cek air yang ada di dalam radiator dan tabung penampungan, jika berkurang isilah sampai kondisi penuh sesuai batas maksimal yg ada di tabung pwnampungan dan radioator.
  • Cek juga jalur-jalur pendinginan, apakah ada rembesan atau karet jalur radiator yang bocor atau yang terlepas.
  • Cek tutup radiator, apakah rusak atau masih layak pakai.
  • Jika sudah dingin, akan lebih baik jika anda segera bawa mobil anda ke bengel atau mekanim terdekat agar bisa dilakukan pengecekan dan tindakan pencegahan agar tidak terjadi kondisi overheat lagi.

Jika masalah anda sudah teratasi, ada baiknya kita segera cari penyebab kenapa sampai terjadi Overheat pada mobil anda. Lebih baik anda repot di rimah daripada harus kerepotan karena overheat di tengah perjalanan. Pelajari hal-hal penyebab overheat sekaligus perbaiki jika ada sesuatu yang bermasalah yang menyebabkan overheat.

Hal – Hal penyebab mobil Overheat yang perlu anda ketahui sekaligus solusinya :

  • Beban mesin terlalu berat, bisa karena over muatan atau sudah menempuh jarak perjalanan yang cukup jauh. SOLUSI : Kurangi beban atau berhenti sejenak untuk menurunkan panas mesin mobil anda.
  • Kebocoran pada radiator atau saluran pendingin. Kebocoran pada radiator bisa menyebabkan air di dalam radiator menjadi cepat berkurang sehingga suhu cepat panas. SOLUSI : perbaiki permasalahan kebocoran, cek kualitas selang radiator inlet atau outlet. Pastikan tidak ada rembesan air dari radiator agar pendinginan tetap maksimal.
  • Ada baiknya meningkatkan kualitas pendingan di mobil anda, misalnya dengan mengganti radiator standart dengan jenis yang lebih baik, misalnya dengan mengganti menjadi radiator twoplay, atau meningkatkan kecepatan angin dengan mengganti kipas dengan pully yang lebih kecil sehingga angin bisa lebih kencang lagi. Tambah ekstra fan akan lebih baik lagi.
  • Cek thermostart pada mesin mobil anda, thermostart inilah yang berfungsi untuk mengatur tingkat suhu panas dalam mesin anda.jika asa kerusakan pada thermostart biasanya suhu pada mobil cenderung mudah naik.

Akibat yang terjadi pada mobil yang Overheat

Kondisi overheat teryata bisa mengakibatkan hal yang fatal untuk mesin mobil anda. Jika sampai telat teratasi, Kerusakan karena overheat ternyata bisa membuat anda harus merogoh kocek lebih bayak lagi. Apa saja akibat karena over heat?

  • Blok mesin melengkung, overheat yang berlebihan bisa saja mambuat blok mesin rusak.
  • Radiator rusak karena overheat.

Demikian tips dan solusi mengatasi kondisi overheat pada mobil . Lakukan kontrol ritin ke bengkel langganan untuk mencegah kondisi overheat terjadi.

Untuk mobil dengan umur relatif lebih muda biasanya mempunyai penanganan yang berbeda dengan mobil yang berumur tua. Konsiltasikan ke mekanik anda untuk penanganan uang lebih tepat

Semoga bermanfaat.

990 total views, 3 views today

Leave a Reply