Tips untuk Pemula : Mengendarai mobil saat Hujan, jangan abaikan hal-hal Sepele ini !!

Musim penghujan hampir tiba, bagi anda yang sering melakukan perjalanan, persiapkan hal yang bisa membuat anda nyaman dan aman dalam berkendara.

Bagi anda pengemudi kendaraan roda 4 khususnya , hujan terkadang bisa menjadi hal yang sangat mengganggu saat berkendara. Baik hujan dalam skala kecil maupun dalam skala besar atau deras.

Jangan abaikan hal-hal sepele yang bisa membahayakan keselamatan anda.

Berikut ini tips sederhana untuk anda dalam berkendara roda 4 di saat Hujan

  1. Cek fitur pengamanan standart mobil anda. Hal-hal yang bersifat pengaman seperti safety belt, fungsi rem, kondisi ban , lampu-lampu dan wiper haruslah berfungsi normal.
  2. Saat Hujan deras, kurangi kecepatan kendaraan anda. Kecepatan tinggi saat hujan bisa sangat membahayakan karena bisanya saat hujan deras, pandangan kaca depan bisa terganggu dan kurang maksimal. Selain itu, saat hujan deras kecepatan tinggi bisa sangat beresiko karena jalanan yang lebih licin sehingga pengereman bisa jadi kurang maksimal.
  3. Jaga jarak aman dengan kendaraan di bagian depan mobil anda. Pandangan yang kabur dan faktor pengereman yang kurang maksimal saat hujan bisa sangat berbahaya dan beresiko menjadi kecelakaan. Untuk itu, jaga jarak aman antar kendaraan.
  4. Jika diperlukan dan kondisi sangat deras sehingga pandangan kurang maksimal,nyalakan lampu kota anda. Bahkan jika kondisi sangat deras sekali, kalau perlu nyalakan lampu utama anda untuk menambah keamanan antara anda dan kendaraan di depan dan belakang. Tidak perlu menyalakan lampu Hazard jika tidak ada gangguan di depan yang membuat perjalanan terganggu.
  5. Hindari genangan air yang terlalu dalam, selain bisa beresiko terhadap mesin anda, genangan air bisa menutupi lubang di jalanan. Apesnya jika mobil anda sampai terperosok ke dalam lubang yang cukup dalam bisa beresiko merusak velg atau malah selip ban.
  6. Saat kondisi sangat deras sekali, sehingga pandangan benar benar terganggu,lebih baik untuk menepi sejenak terlebih dahulu. Jangan paksakan menembus derasnya hujan jika pandangan dari dalam kendaraan sangat terganggu. Sambil menunggu hujan gak reda, carilah tempat yang nyaman untuk berteduh sebentar. Saat hujan disertai angin, hindari parkir kendaraan anda di bawah pohon. Hal ini untuk mengantisipasi kemungkinan pohon rubuh atau ranting patah yang bisa membuat rusak kendaraan anda.

Demikian tips dari pengalaman selama berkendara saat hujan. Utamakan keselamatan dan kemanan anda dan keluarga.

(SC)

683 total views, 3 views today

Leave a Reply