5 tips hemat bahan bakar Mobil tanpa harus otak-atik mesin

tips hemat bbm tanpa otak atik mesin

Cara Hemat Bahan Bakar – Memiliki kendaraan mobil pribadi memang menyenangkan, namun konsekuensinya kita harus menyisihkan sedikit uang dari gaji kita untuk anggaran belanja bahan bakar roda 4 yang kita miliki. Apalagi saat ini seperti yang kita ketahui bahwa harga bahan bakar dari tahun ke tahun semakin naik. Rasanya perlu menemukan cara untuk bisa memangkas anggaran belanja BBM mobil kita.

Apalagi ada hal lain yang juga bisa jadi menyebalkan, jika kita merasa mobil yang kita miliki ternyata terasa lebih boros bahan bakar dibandingkan kendaraan lain yang sejenis atau berkapasitas mesin yang sama.

Apakah kesalahan ada pada mesin mobil kita? Apakah kita harus memikirkan untuk mengganti unit kendaraan kita?

Eits sabar dulu jangan terburu buru menghakimi kendaraan anda, jangan buru buru membawa mobil anda ke bengkel langganan, Apalagi kalau malah sudah sampai harus berpikir untuk langsung ganti mobil. Sayangi isi dompet anda gaes.. cari solusi lain yang lebih hemat dulu yuks..

mungkin salah satunya dengan melakukan beberapa tips ini terlebih dahulu, siapa tau bisa menjadi solusi penghemat bahan bakar mobil Anda.

Tips dan fakta menarik tentang Cara mudah Hemat Bahan Bakar Mobil Tanpa harus ke bengkel :

  1. Berkendaralah dengan batas kecepatan yang sewajarnya.

Berkendara dengan kebiasaaan menginjak gas dan rem terlalu sering dan cepat ternyata terbukti menjadi penyebab borosnya pemakaian bahan bakar mobil anda. Hindari menginjak gas secara spontan dan langsung meningkatkan kecepatan dalam waktu singkat. Menginjak gas terlalu dalam akan membuat konsumsi bahan bakar lebih cepat terpakai dibandingkan jika anda menaikkan kecepatan secara perlahan dan konstan.

2. Matikan Mesin jika anda berencana berhenti dalam waktu yang cukup lama.

Matikan mesin,turun dan carilah tempat menunggu yang lebih nyaman jika kemungkinan anda akan menghentikan kendaraan dalam waktu yang cukup lama. Selain lebih nyaman, tentunya kita juga bisa ikut berpartisipasi dalam program penghematan bahan bakar yang tidak bisa terbarui serta ikut menjaga kesehatan lingkungan dengan ikut mengurangi keluarnya asap pembakaran.

3. Gunakan Tekanan Ban yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan dan beban yang ada didalamnya.

tekanan ban penting satucara

Tekanan yang kurang pada ban mobil tentunya akan membuat laju kendaraan anda lebih berat dan akhirnya membebani kerja mesin sehingga menjadi lebih banyak mengkonsumsi pemakaian bahan bakar. Selain itu, kita juga mungkin bisa mengurangi berat dengan cara mengurangi barang barang yang tidak perlu di dalam mobil.

4. Pelajari dan rencanakan jalur berkendara anda.

Jika akan bepergian, kebiasaan yang saat ini saya lakukan adalah membuka terlebih dahulu aplikasi map online di handphone, kemudian menentukan tujuan dan mencari rute terpendek dan tercepat.

Dengan mendapatkan rute terpendek dan tercepat , seharusnya kita sudah pasti akan bisa lebih menghemat hemat bbm karena pemakaian bbm dengan jarak yang lebih pendek dan waktu pembakaran bbm yang lebih pendek pula.

Sementara yang saya maksut dengan rute tercepat bukanlah rute yang akan kita pakai untuk kebut-kebutan atau berkendara dengan kecepatan yang tinggi… tetep jaga keselamatan ya gaes.. Yang saya maksut rute tercepat disini adalah kita cari rute yang menghindari jalur yang ada kemungkinan mengalami gangguan yang menghambat perjalanan kita, seperti adanya kemacetan atau ada hal lain yang mempengaruhi proses kita menuju tujuan.

5. Matikan AC

Mematikan AC mobil ternyata sudah sangat terbukti mengurangi pemakaian BBM. Secara teori penggunaan ac memang membebani kinerja mesin sehingga menambah pemakian bahan bakar. Namun tentunya hal ini bisa dipertimbangkan dengan melihat situasi dan kondisi dimana dibutuhkan atau tidaknya sebuah AC dalam perjalanan kita.

(SC)

41 total views, 1 views today

Leave a Reply